Rabu, 07 Mei 2008

Hkikat Qada dan Qadar dalam kehidupan

Dalam kehidupan sehari hari kita dapat melihat kejadian kejadian, yang semua itu merupakan hakikat dari kebenaran qadha dan qadar. Kejadian itu misalnya antara lain.

  1. Ada orang yang telah berusaha dengan sungguh sungguh untuk mencari rezeki yang berlebih, tetapi hidupnya tetap saja miskin. Sementara itu ada orang yang dalam usahanya kurang sungguh sunguh, tetapi hidupnya kaya raya.

  1. Ada orang yang meninggal dengan tiba tiba, padahal sebelumnya masih sempat berkelakar dengan teman temannya. Sebaliknya ada juga orang yang tetap hidup, meskipun ia berada di tengah tengah bahaya yang mengerikan atau ia mencoba bunuh diri.

  1. Pada masa Rasulallah ketika terjadi perang badar, kaum muslimin dapat merebut kemenangan, padahal menurut perhitungan akal, mereka akan mengalami kekalahan karena jumlah tentara, dan perlengkapan senjatanya lebih sedikit dibanding dengan perlengkapan musuh. Perhatikan firman Allah SWT. :

Yang artinya :

Sungguh Allah telah menolong kamu dalam perang badar, padahal kamu dalam keadaan lemah. (QS. Ali imran :123)

Pada perang hunain yang terjadi adalah sebaliknya, yaitu kaum muslimin mengalami kekalahan. Padahal menurut perhitungan akal mereka seharusnya dapat merebut kemenangan. Sebagaimana firman Allah SWT.:

Yang artintya :

Dan (ingatlah)pada saat perang Hunain, di waktu kaum menjadi congkak karena banyak jumlahnya. Maka jumlah yang banyak itu tidak memberi manpaat kepada mu sedikitpun dan bumi yang luas itu terasa sempit oleh mu, kemudian kamu lari ke belakang dengan bercerai berai. (QS. At Taubah :25)

Tidak ada komentar: